TEORI BLACK SWAN #1

Francis Bacon
Teori black swan sudah lama dikenal. Teori ini berpangkal dari kebiasaan cara berpikir manusia yang sering menggampangkan kemungkinan. Bahkan Filsuf Francis Bacon juga telah memperingatkan bahwa pikiran manusia cenderung membohongi. Asumsi menjadi lebih teratur daripada eksistensi dalam ketidak-beraturan alam. Teori ini dideskripsikan oleh Nassim Nicholas Taleb dalam bukunya The Black Swan tahun 2007. Yaitu black swan sebagai kejadian yang sangat mustahil dengan 3 karakteristik, diantaranya :


- Unpredictable ( yang tak dapat diramalkan )
- Berefek besar
- Mengejutkan
Hal ini merupakan kelanjutan cara berpikir umum yang pesimistis dan selalu menggeneralisasi. Manusia sering lupa pada hal-hal kecil yang berdampak besar. Contoh nyata adalah keberhasilan Google dan tragedi 9/11.


Otak manusia cenderung bersifat naratif. Olehkarenanya manusia sering mengkonversi hal-hal yang seharusnya kompleks dalam penjelasan yang sesederhana mungkin. Manusia selalu takut pada hal-hal yang berada diluar jangkauan pemahaman mereka. Dan parahnya manusia sering kali memprediksi kemungkinan lewat pola-pola yang telah terjadi sebelumnya.


Nassim berpendapat " Kejadian-kejadian besar yang ada di dunia ini umumnya bersifat tak terduga dan manusia akan berusaha menyederhanakannya demi kepuasan emosional belaka.


Sebagai kesimpulan Nassim berteori
" Sejarah tak merayap, melainkan melompat. "
dan hal inilah yang menyebabkan dirinya dimusuhi banyak ilmuan.

credit to : http://deafile.blogspot.com/2010/07/mengenal-teori-black-swan.html